Tuesday, September 28, 2010

Surat Seruan dari GBKP Pontianak

GEREJA BATAK KARO PROTESTAN (GBKP)

RUNGGUN PONTIANAK

(Anggota Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia)

Jl.W.R.Supratman N0.34 Pontianak Tlp/Fax:0561-766006

Web:http.www.gbkppontianak.blogspot.com email: gbkp.pontianak@gmail.com


SURAT SERUAN

Syaloom/Mejuah juah….

Berkenaan dengan Bencana Alam meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo yang sampai saat ini belum menampakkan tanda-tanda untuk dapat kembalinya para pengungsi ke rumah masing-masing.Pada saat ini pula terbetik berita bahwa sebahagian masyarakat karo (pengungsi) berencana untuk membuat sebuah ritual yang bernama “Majuh Buah Kuta”. Menginggat sebahagian besar jemaat/ngawan GBKP adalah para pengungsi tersebut dan sebagai sesama tubuh Kristus (I Korintus 12:27). Kami atas nama Jemaat/Ngawan GBKP runggun Pontianak merasakan keprihatinan yang sangat mendalam.

Maka bersama dengan ini kami membuat sebuah Surat Seruan sebagai bentuk keprihatinan kami tersebut sebagai berikut :

1. Menyerukan kepada seluruh jemaat/ngawan GBKP di Kabupaten Tanah Karo yang terkena musibah bencana Gunung Sinabung untuk tidak mengikuti ritual “Majuh Buah Kuta”.Karena yang hanya patut disembah dan dipuji hanya ALLAH saja dan mengikuti ritual tersebut adalah mempersekutukan ALLAH pencipta alam semesta (Keluaran 20:1-3).

2. Menyerukan dan mengharapkan kepada Moderamen GBKP untuk mengambil peran lebih aktif lagi, baik secara Teologis (Pengelayasi Bencana Alam) dan Non-Teologis (Konselor,Pendampingan,dll) untuk menyikapi dalam hal rencana sebahagian masyarakat karo (pengungsi) untuk membuat ritual “Majuh Buah Kuta”.Menginggat sebahagian besar pengungsi adalah jemaat/ngawan GBKP yang berdomisili di Kabupaten Karo dan kabupaten lainnya.Sehingga jemaat/Ngawan terhindar dari penyembahan berhala yang sangat mendukakan hati ALLAH kepala Gereja.

3. Menyerukan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karo beserta dengan instansi yang berwenang (Badan Vulkanologi) dan instansi terkaitnya lainnya serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM),Relawan untuk dapat memberikan keterangan/penjelasan/penyuluhan yang sesuai dengan azas-azas/kaidah-kaidah Ilmu Pengetahuan (Rasio) alikhwal gunung berapi sehingga masyarakat terhidar dari pemikiran yang diluar nalar ( mistis )

4. Menyerukan kepada seluruh jemaat/ngawan GBKP untuk dapat menaikkan doa safaat agar bencana letusan Gunung Sinabung dapat berakhir dan masyarakat karo di pengungsian dapat kembali bekerja seperti sediakala dan mengurungkan niat untuk melakukan ritual “Majuh Buah Kuta” tersebut.

Surat seruan ini kami serukan bukan dalam kerangka pemikiran bahwa kami lebih beriman (suci),tetapi semata-mata sebagai bentuk keprihatinan dalam saling mengigatkan sesame tubuh Kristus.

Demikianlah surat seruan ini kami perbuat,sambil berdoa kepada Tuhan kita Yesus Kristus kepala Gereja untuk dapat memberikan pengertian yang benar tentang iman percaya kita kepadaNya.Amin

Tabi Ras Mejuah juah

BADAN PENGURUS (BP) GBKP Rg.PONTIANAK

Pdt.Boni F.T.Ginting,S.Th Pt.Drs.Termansius Ginting

Ketua Sekretaris


Related Articles



0 comments :

Post a Comment